milan kundera the unbearable lightness of being

Kode Produk: 9789792404821
Ketersediaan: 1
Rp. 100.000
- OR -

Milan Kundera

Penerjemah: Fathia I Syarif

The Unbearable Lightness of Being

 

Novel Unbearable Lightness of Being adalah salah satu novel terkenal Milan Kundera,novelis Perancis kelahiran Ceko. Novel ini ditulis tahun 1992,tetapi baru diterbitkan tahun 1984 dalam bahasa Perancis . Sementara dalam bahsa aslinya terbit setahun kemudian

Novel ini berlatar belakang Praha akhir 1960-an dan awal 1970an, ketika terjadi invansi dan pendudukan Rusia komunis. Tokoh-tokohnya dalam para seniman dan intelektual Praha masa-masa tersebut, seperti Tomas, tokoh utama novel inmi,adalah seorang ahli bedah terkenal. Ia mempunyai istri,Tereza, seorang mantan bartender yang kemudian menjadi fotografer. Ia sangat mencintai Tereza, tetapi ia juga mempunyai banyak selingkuhan . di antaranya Sabina, seorang pelukis yang anti kitsh. Lalu Franz, seorang yang tergila-gila pada Sabina, dan seterusnya.

Hubungan-hubungan perkawanan, percintaan, perselingkuhan menjadi alur cerita ini. Namun ia menjadi menarik,menantang rumit,karena masuknya urusan politik di dalamnya. Tomas, bermasalah karena dulu ia pernah menulis esai antikomunis dan bersikeras tak mencabutnya. Tereza sebagai fotografer bay\nyak membuat foto-foto pendudukan yang tak disenangi rezim. Sabina selalu melawan pengaruh keluarganya yang turun menurun pendukung Partai Komunis. Lalu Franz seorang professor yang hidupnya hanya dihabiskan dengan membaca buku dan urusan akademis, lalu mencari penghiburan dengan dengan terlibat dengan berbagai protes dan demonstrasi. Dan seekor anjing yang dinamai Karenin, yang diambil dari nama suami Anne Karenina.

Dengan demikian, ceritapun dipilin dengan soal pelarian,persembunyian, perlawanan, pengawasan politik, pengejaran, pengkhianatan dan lain-lain.

"Kundera sungguh seorang virtuoso..." - Vanity Fair
"Sebuah meditasi tentang hidup, erotika dan hakikat cinta..." People Magazine

Pertemuan itu hanya singkat saja. Tidak lebih sejam lamanya. Namun entah kenapa itu sudah cukup membuat Tereza berani memutuskan untuk mengunjungi Tomas. Dan anehnya Tomas tak sanggup untuk menolaknya. Lelaki playboy itu merasa seolah kehadiran gadis innocent itu sudah menjadi takdirnya, seperti putri Pharaoh di tepi sungai yang kedatangan bayi kecil Musa.

Namun hubungan mereka sama sekali tidak mulus. Dengan segerat Tereza dihantui oleh perilaku Tomas yang senang menjalin affair dengan banyak wanita. Guncangan pun melanda hidup mereka, di tengah kekacauan politik yang tengah melinqkupi Praha. Inilah novel tentang pergulatan cinta dan petualangan jiwa, yang serius sekaligus jenaka, dan tentu saja, sangat menggairahkan siapa pun yang membacanya.

Tahun Terbit: 2018

Ukuran: 19,2 cm x 13,1 cm x 2,8 cm

Isi:  viii + 502 halaman

Berat: 450 gram

Format: Soft cover